Hari pertama kampanye terbuka Pilkada 2015 di Yogyakarta, diwarnai aksi pengerusakan dan bentrokan di lokasi berbeda.

‎Informasi yang dihimpun Okezone, pengerusakan terjadi di jalan Damai, Sleman, Yogyakarta. Sebuah mobil dirusak oleh sekelompok orang yang diduga berasal dari salah satu masa kampanye terbuka di Sleman.

Salah seorang saksi mata, Cahyo menerangkan, kejadian bermula saat mobil Yaris bernomor polisi F 1211 DA melintas di lokasi dan‎ berpapasan dengan rombongan konvoi. Kemungkinan karena padat, mobil tetap berjalan dan menabrak salah satu peserta konvoi. Akibatnya mobil dirusak oleh rombongan tersebut, dengan melempari kaca menggunakan batu.

“Di dalam mobil ada dua orang, satu cowok, satu cewek ada yang luka tapi enggak kena lemparan batu langsung,” urai Cahyo di lokasi, Minggu (22/11/2015).

Beruntung, dua orang itu segera diamankan warga sekitar dan tidak sampai dipukuli massa. “Massa kemudian bubar. Mobilnya remuk diseluruh bagian,”paparnya.

‎Kapolres Sleman, AKBP Faried Zulkarnain mengatakan, pihaknya sudah berusaha melakukan antisipasi dengan cara melakukan pemeriksaan di lapangan Denggung Sleman, dimana acara kampanye terbuka dilaksanakan. Beberapa diantaranya mencoba lari dengan membuang senjata tajam yang dibawa.

“Ada dua orang diamankan,” kata Faried.

Dua orang yang diamankan berinisial HE warga Mranggen, Sinduadi Mlati dengan barang bukti pedang, dan seorang lagi berinisial TEN, warga Sidoarum, Godean dengan barang bukti gir motor.

“Keduanya saat ini diperiksa di Mapolres Sleman, jika terbukti keduanya akan dijerat dengan UU Darurat Nomor 12/1951,” ungkapny‎a.

Lalu kejadian serupa pun terjadi di Bantul. Sebuah sepeda motor dibakar massa di kampanye hari per‎tama di lapangan Trirenggo, Bantul, dari informasi ketua DPC sebuah partai politik Kabupaten Bantul, Bariq Ghufron menjadi sasaran pengeroyokan.

Saat kejadian itu, satu Satgas terkena sabetan senjata tajam, dua polisi luka luka, dan satu motor ludes terbakar, serta satu mobil berwarna hijau dirusak saat melintas dalam bentrokan yang pecah saat kampanye terbuka berlangsung.

Seorang saksi, Purwanto mengungkapkan kejadian ini bermula dari kedua partai politik yang sama mendukung salah satu pasangan hendak masuk, sementara satunya keluar.

“Saat bersimpangan terjadi gesekan, lalu tawuran,” kata Purwanto.

Massa yang sudah terprovokasi langsung meluapkan amarah membakar sepeda motor yang tertinggal di lapangan. Sementara petinggi partai politik langsung menjenguk korban di rumah sakit.

Perlu diketahui, pilkada 2015 di Yogyakarta diikuti 3 kabupaten yakni Bantul, Sleman, dan Gunungkidul. Hari ini sampai 14 hari kedepan dilaksanakan kampanye terbuka. Sebelum pencoblosan 9 Desember 2015 mendatang.